Selasa, 22 Januari 2013

KUTIPAN, ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA

             1.    KUTIPAN

 

Pengertian Kutipan

Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam buku maupun majalah-majalah (Gorys Keraf, 1993: 179). 

 

Tujuan membuat kutipan

         Untuk menegaskan isi uraian

         Untuk membuktikan apa yang dikatakan.

 

Teknik Penulisan Kutipan

Kutipan dari berbagai sumber

         Kutipan pendek (kurang dari 5 baris) dimasukkan dalam teks dan diberi tanda kutip. Contoh:

Ia mengatakan,”Sikap adalah predisposisi” (allen, 1957: 2) yang siap merespon apabila mendapatkan rangsangan.

Oppenheim (1976: 44) berpendapat bahwa “Sikap sebagai predisposisi belum merupakan tindakan tetapi baru merupakan kesiapan, dan baru dapat diamati dalam bentuk tutur kata atau perilaku, apbila telah mendapatkan rangsangan dari luar”.

         Kutipan terdiri dari 5 baris atau lebih, ditulis sebagai bagian tersendiri tanpa tanda kutip. Kutipan seperti itu dimulai pada baris baru, yang diketik masuk ke dalam sebanyak 5 ketukan dari margin kiri. Kutipan tersebut ditulis dengan spasi tunggal (satu spasi).Contoh:

Kondisi pribadi yang optimal erat hubungannya dengan psikohygiene. Hal ini sesuai dengan pendapat yang menyatakan bahwa:

“Konsep psikohygiene” yang dimaksdukan adalah kesehatan atau kesegaran jiwa, dan dengan jiwa yang sehat maka anak akan dapat berkonsentrasi untuk belajar dengan baik, dan dengan belajar secara baik maka dapat diharapkan anak akan mencapai prestasi yang lebih baik juga (Sikun, 1983: 15).

 

   Sumber : himmadika.fkip.uns.ac.id/wp…/KUTIPAN1.ppt

 

             2.    ABSTRAK

 

Pengertian Abstrak

Menurut American National Standards Institute (1979), definisi abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat. Abstrak merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan.

 

Fungsi

1. Current awareness: memudahkan para pembaca untuk mendapatkan informasi terbaru tentang suatu bidang yang diminati, tanpa harus membaca seluruh isi dokumen

2.    Menghemat waktu pembaca

3.    Melanjutkan membaca atau tidak ?

4.    Menghindari terjadi duplikasi tulisan

 

Tujuan (Purpose)

1.    Apa alasan penulis ?

2.    Apa ide utama (main idea) dari penulis ?

 

Contoh Abstrak

ABSTRAK

Dalam era persaingan kerja saat ini yang begitu pesat, suatu perusahaan harus mampu menyesuaikan kondisi perusahaan dengan persaingan yang ada. Yaitu dengan mempunyai karyawan – karyawan yang berkualitas dengan keterampilan yang bisa diandalkan  untuk bisa masuk dalam era globalisasi pada persaingan sekarang ini. Bagi perusahaan yang sudah mempunyai mutu dan kualitas yang bagus di mata masyarakat pastilah hasil yang dicapainya itu merupakan sumber daya dari keterampilan – keterampilan yang ada pada diri karyawannya masing – masing. Oleh karena itu, apabila suatu perusahaan ingin mempunyai karyawan yang berkualitas, peranan pelatihan dalam suatu perusahaan itu sangatlah penting.

Pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri adalah untuk mengembangkan kemampuan karyawan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan atau jabatan yang sedang dijalaninya saat ini.

Program pelatihan merupakan salah satu unsur di dalam pengembangan karyawan, dengan ditingkatkannya pengetahuan dan keterampilan karyawan diharapkan program pelatiham dapat meningkatkan pula prestasi kerja karyawan yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi perusahaan.

Program pelatihan pada PT. Hutama Karya dilaksanakan dengan metode on the job training yang dilaksanakan oleh perusahaan itu sendiri dan off the job training yang dilaksanakan oleh lembaga diklat di luar perusahaan. Pelatihan yang ada pada PT. Hutama Karya ini menggambarkan bahwa pelatihan mempunyai hubungan untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan.

Adapun kendala yang dihadapi adalah masalah dana. Dana yang diperlukan tidaklah sedikit, karena kebutuhan – kebutuhan lainnya juga perlu dibiayai. Perusahaan mengatasinya dengan cara menyusun program secara sistematik yang di dasarkan pada analisa jabatan.   

Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/05/pengertian-abstrak/

 

3.    DAFTAR PUSTAKA

 

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel- artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sehagian dan karangan yang tengah digarap. Bagi orang awam, bibliografi mungkin tidak penting artinya, tetapi bagi seorang sarjana seorang calon sarjana. atau scorang cendekiawan, daftar kepustakaan itu merupakan suatu hat yang sangat penting.

 

Fungsi

Untuk mendeskripsi yang penting tentang buku, majalah, harian itu secara keseluruhan, karena itu fungsi catatan kaki dan daftar pustaka seluruhnya tumpang-tindih satu sama lain. Selain itu berfungsi sebagai pelengkap dan sebuah catatan kaki. Pada daftar pustaka dapat mengetahui keterangan-keterangan yang lengkap mengenai buku atau majalah itu.

 

Contoh Daftar Pustaka - Kutipan dari Buku

Buku dengan Satu Pengarang atau Editor

·  Bell, Stewart. The Martyr's Oath: The Apprenticeship of a Homegrown Terrorist.Mississauga, ON: Wiley, 2005.

·           Biale, David, ed. Cultures of the Jews: A New History. New York: Schocken, 2002.

·     Bowker, Michael. Fatal Deception: The Untold Story of Asbestos: Why It Is Still Legal and Still Killing Us. N.p.: Rodale, 2003.

·          Rowling, J.K. Harry Potter and the Chamber of Secrets. New York: Scholastic, 1999.

·    -------------. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Thorndike, ME: Thorndike, 2000.

Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/11/pengertian-daftar-pustaka-kutipan-dan-catatan-kaki-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar