Selasa, 12 November 2013

12 Tahun iPod; Keberhasilan yang Menginspirasi Hadirnya iPhone



Dua peristiwa tertentu yang mungkin telah menjadi pendorong dibalik keputusan Steve Jobs untuk mengembangkan iPhone.
Salah satunya adalah pengenalan Motorola  ROKR E1 yang juga dikenal sebagai ponsel iTunes karena kemampuan ponsel tersebut untuk melakukan sinkronisasi dengan aplikasi itu.
Jika Anda pernah melihat video pengenalan ponsel itu, Anda dapat melihat rasa frustrasi di wajah Steve Jobs ketika perangkat itu gagal untuk bekerja seperti yang diinginkan.  Anda dapat melihat momen bersejarah dengan mengklik pada video di sini.
Peristiwa kedua yang benar-benar mengilhami hadirnya iPhone adalah dua tahun sebelum ponselMotorola ROKR E1 diperkenalkan. Pada 10 November 2001 , Apple meluncurkan iPod pertama. Beberapa bulan pertama , MP3 player ditingkatkan agar dapat terhubung ke iTunes hanya melalui perangkat Mac. Harga  iPod pertama 399 dolar AS memiliki  layar 128 x 160 resolusi tinggi dan dikemas dengan 5GB penyimpanan.
Seribu lagu dapat disimpan pada perangkat itu. Phil Schiller , wakil presiden Apple Worldwide Product Marketing meramalkan bahwa perangkat akan menjadi primadona dimusim liburan. Selama kuartal keempat tahun itu, Apple berhasil menjual 125.000 unit.
Dua tahun kemudian , 1 juta iPod dikirimkan dan jumlahnya melonjak menjadi 4,4 juta pada tahun berikutnya . Pada awal kuartal keempat tahun 2005 , Apple mengirim 22,5 juta unit dengan 39,4 juta lainnya dijual oleh titik yang sama pada tahun berikutnya . Pada saat pertama iPhone dijual,Apple memiliki peningkatan penjualan perangkat itu yang melebihi 100 juta iPod dan iTunes yang telah memiliki 5 juta lagu.
Keberhasilan produk ini membuat Apple percaya diri untuk terjun ke industri ponsel yang lebih rumit. IPod membantu Apple mengembangkan distribusi dan pemasaran smartphone perusahaan asal Cupertino itu. Dengan kata lain , iPod membantu Apple belajar cara membuat, memproduksi dan menjual produk mobile.
Kita tidak bisa mengatakan bahwa seandainya tidak ada iPod , iPhone akan pernah ada. Jobs frustrasi dengan ROKR E1 cukup banyak terbukti. Tapi tanpa keberhasilan iPod , iPhone mungkin akan berbeda. Pengguna iPhone bisa menerima iPod atas kontribusinya terhadap pengembangan produk yang mengubah industri ponsel selamanya . Selamat Ulang Tahun ke-12 , iPod!

Sumber :
http://www.tabloidpulsa.co.id/news/11717-12-tahun-ipod-keberhasilan-yang-menginspirasi-hadirnya-iphone-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar