Kamis, 18 Oktober 2012

Bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah

            1.      Bahasa Indonesia sebagai alat untuk mengungkapkan hasil pemikiran

    Sesuai dengan isi Sumpah Pemuda yang berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”, seluruh warga Indonesia terutama para pemuda diharuskan menjunjung bahasa bangsa mereka sendiri yaitu bahasa Indonesia. Pada jaman globalisasi seperti sekarang ini, budaya – budaya asing sudah banyak merambah masuk ke kalangan remaja. Hal tersebut sangat memprihatinkan karena pada dasarnya kalangan remaja masih sangat mudah untuk bisa terhasut. Bahkan terkadang orang Indonesia sendiri malu terhadap kebudayaannya sendiri. Contoh sederhananya saja, dikalangan remaja sekolah mungkin sudah jarang kita temui seseorang yang berbicara dengan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mereka lebih suka mengobrol atau memberikan pendapat dengan bajasa uang tidak baku atau biasa disebut mereka dengan bahasa “gaul”. Bahasa yang mereka gunakan didapat dari budaya asing yang sudah masuk ke Indonesia. Maka dari itu, sudah seharusnya semenjak kecil para anak diajarkan dan dibiasakan berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

 2.    Fungsi Bahasa Indonesia secara umum

a.    Sebagai alat komunikasi
Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal. Dan bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang harus kita gunakan.

b.    Sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
Derasnya arus globalisasi di dalam kehidupan kita akan berdampak pula pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Di dalam era globalisasi itu, bangsa Indonesia mau tidak mau harus ikut berperan di dalam dunia persaingan bebas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun komunikasi. Konsep-konsep dan istilah baru di dalam pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) secara tidak langsung memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Dengan demikian, semua produk budaya akan tumbuh dan berkembang pula sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu, termasuk bahasa Indonesia, yang dalam itu, sekaligus berperan sebagai prasarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan iptek itu sendiri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar